Satuan Pendidikan : SMA/MA
Kelas : XII
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun,responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1
Menyadari adanya keteraturan dalam sifat koligatif larutan, reaksi
redoks, keragaman sifat unsur, senyawa makromolekul sebagai wujud kebesaran
Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya
bersifat tentatif.
|
· Kelimpahan unsur-unsur di alam
· Sifat fisis dan sifat kimia unsur-unsur gas
mulia, halogen, alkali, alkali tanah,periode 3, dan periode 4.
· Pembuatan unsur-unsur dan senyawa halogen,
alkali, alkali tanah, aluminium,nitro-gen, oksigen, belerang, silikon, besi,
kromium, tembaga.
· Kegunaan dan dampak
unsur/senyawa
bagi manusia dan lingkungan
|
Mengamati
(Observing)
·
Mengkaji literatur tentang kelimpahan unsur-unsur di alam, khususnya di Indonesia. Mengidentifikasi
produk-produk yang mengandung unsur-unsur tertentu.
Menanya(Questioning)
· Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang
sifat-sifat dan kegunaan unsur-unsur gas mulia, mengapa unsur logam dapat
bersifat konduktor, sedangkan bukan logam tidak, bagaimana memperoleh logam
murni?, produk-produk apalagi yang dapat dihasilkan dari bahan dasar unsur
tertentu?
Mengumpulkan
data (Experimenting)
·
Kerja kelompok untuk mendiskusikan kelimpahan unsur/senyawa di
alam, khususnya di Indonesia.
·
Kerja kelompok dalam merancang dan melakukan percobaan dengan
seksama atau mengumpulkan data terkait sifat kimia unsur dalam satu golongan/periode
·
Menganalisis data tentang sifat-sifat fisis
(penampilan titik didih,titik leleh, kekerasan, konduktivitas,warna,
kerapatan) dan sifat-sifat kimia unsur-unsur
dalam satu golongan/satu periode
· Mengidentifikasi /menggali informasi tentang
cara memperoleh unsur murni dari bahan bakunya
· Mendiskusikan kegunaan unsur/senyawa dalam
kehidupan
Mengasosiasi (Associating)
·
Menyimpulkan keberadaan unsur di alam, dalam sistem
periodik berdasarkan sifat fisik dan kimia yang dimiliki.
·
Menyimpulkan prinsip pembuatan unsur-unsur/senyawa
·
Menyadari adanya keteraturan dalam sifat-sifat
unsur yang diperoleh berkat penemuan kreatif para ahli.
·
Mensyukuri kelimpahan unsur di alam sebagai
anugerah Tuhan YME.
Mengkomunikaskan
(Communicating)
· Membuat laporan
percobaan tentang daya oksidasi
halogen, reaksi nyala, dan reaksi pengendapan senyawa logam alkali tanah.
·
Mempresentasikan laporan percobaan tentang daya oksidasi halogen, reaksi nyala, dan reaksi pengendapan senyawa logam alkali tanah.
·
Mempresentasikan hasil kerja kelompok terkait dengan kelimpahan unsur di alam, sifat fisis dan sifat kimia, kegunaan, dan pembuatan unsur serta
produk yang mengandung unsur tertentu.
|
Tugas:
· Merancang dan melakukan percobaan tentang:
- Daya oksidasi halogen
- Reaksi nyala
- Reaksi pengendapan senyawa logam alkali
tanah.
· Membuat bahan
presentasi tentang kelimpahan unsur, sifat fisis dan sifat kimia, serta kegunaan dan pembuatan unsur.
Observasi
· Sikap ilmiah pada saat melakukan percobaan dan presentasi tentang kelimpahan unsur, sifat
fisis dan sifat kimia, serta kegunaan dan pembuatan unsur.
Portofolio:
· Penulisan artikel atau leaflet/brosur
tentang unsur-unsur di alam, sifat fisis, sifat kimia, kegunaan, pembuatan dan dampak unsur/ senyawa
Tes tertulis
-
Menganalisis kelimpahan unsur
-
Mengidentifikasi sifat fisis dan sifat kimia unsur dalam
golongan/periode
-
Menjelaskan proses pembuatan unsur/senyawa
-
Menentukan kegunaan unsur/senyawa
|
8 mgg X 4
jp
|
Buku Kimia
Kelas XII IPA dan situs yang relevan (terlampir)
|
1.2 Mensyukuri
kelimpahan unsur golongan utama dan golongan transisi di alam Indonesia sebagai bahan tambang
merupakan anugerah Tuhan YME yang digunakan untuk kemakmuran rakyat
Indonesia.
|
|||||
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
|||||
2.2
Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam
memanfaatkan sumber daya alam.
|
|||||
2.3 Menunjukkan perilaku responsif
dan pro-aktif serta bijaksana
sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat
keputusan.
|
|||||
3.1
Menganalisis kelimpahan, kecenderungan sifat fisik dan sifat kimia, manfaat,
dampak, proses pembuatan unsur-unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan
alkali tanah, periode 3) serta unsur golongan transisi (periode 4) dan senyawanyadalam kehidupan sehari-hari.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar