Lila

Lila

Selasa, 14 Januari 2014

Apa itu Kimux??



Kimux adalah singkatan dari Kimia Linux yang merupakan hasil modifikasi Linux Ubuntu yang di dalamnya sudah berisi aplikasi dan software kimia. Kimux memudahkan para pengajar (guru/dosen) untuk membuat suatu program pembelajaran kimia berbasis multimedia atau ICT.

Kimux yang digunakan adalah hasil modifikasi dari Ubuntu 13.10. Mengikuti rilis Ubuntu 13.10 pada tanggal 17 Oktober 2013, maka telah disusun juga dalam format remaster berupa Kimux 13.10. Seperti rilis sebelumnya, Kimux 13.10 juga berisi paket aplikasi kimia dan standar isi Ubuntu. Kimux 13.10 berukuran kurang lebih 2,5 GB sudah sukses dijalankan sebagai Live USB, sukses dipakai untuk memasang Kimux 13.10 ke laptop, sukses juga diremaster lagi untuk mendapatkan file ISO lalu dipasang lagi ke Flashdisk menggunakan Unetbootin.

Berikut adalah cara bagaimana menginstall Kimux pada PC Anda.

1. Pastikan sebelum install Kimux siapkan dulu partisi kosong kira-kira 60 GB, karena Kimux sendiri memakan size sekitar 8 GB, jadi kita persiapkan ruang lebih banyak untuk memasang software, aplikasi, dan data lain di dalam kimux

2. Pertama kali boot dari Live CD/USB kita akan disambut dengan menu pilihan untuk mencoba dulu atau langsung menginstall Ubuntu.
3. Double Klick Icon Install Ubuntu.
4. Akan muncul jendela instalasi yg menawarkan pilihan bahasa yang akan kita pakai, pilih sesuai keinginan. Kemudian lanjutkan atau forward.
4. Bersiap untuk menginstall : centang partisi/ruang kosong yang telah Anda sediakan. Jangan lupa agar PC selalu tersambung dengan sumber listrik dan tidak terhubung dengan internet agar penginstallan berjalan dengan cepat.Kemudian pilih lanjutkan atau forward.
5. Pada tampilan jenis instalasi, pilih manual. Kemudian pilih lanjutkan/forward.
6. Mengatur tabel partisi : gunakan partisi yang paling sedikit dan kosong (partisi yang sudah Anda sediakan). Pada kolom use as, pilih Ext 4. Centang format the partition. Kemudian klik OK. Pastikan pada kolom titik kait sudah ada tanda (/). Pilih pasang sekarang. Klik lanjutkan.
7. Mengisi data personal :
    a. pada kolom negara, pilih negara di mana anda tinggal. Lanjutkan.
    b. pada keyboard layout, pilih english US. Lanjutkan.
    c. Isi name, username, password dan pilihan login. Lanjutkan.
8. Tunggu beberapa waktu. Kimux akan secara otomatis terinstall.
9. Kimux siap untuk digunakan.
10. Restart : Saat proses instalasi selesai akan muncul window yg meminta kita untuk restart. Terserah Anda untuk memilih restart sekarang atau masih mau mencoba Ubuntu dari live session. Yang pasti setelah Anda restart, Ubuntu sudah tersaji di komputer anda bersanding dengan Windows yang sudah lebih dulu terinstall.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat (^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar